Monday, December 28, 2015

Inilah Negara-Negara Didunia Yang Melegalkan Pemakaian Ganja Pada Warganya



Legalisasi ganja dinyatakan sebagain bagian dari strategi untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Beberapa waktu yang lalu, hasil referendum yang dilakukan oleh dua negara bagian di Amerika Serikat melegalkan penggunaan sejumlah kecil ganja untuk warga dan kalangan wisatawan.

Terhitung mulai 6 Desember, negara bagian Colorado mengijinkan 'penggunaan ganja untuk orang berusia diatas 21 tahun atau lebih, untuk keperluan pribadi'. Aturan ini juga memungkinkan orang untuk menanam enam batang ganja selama tanaman tersebut berada di ruang yang terkunci.

Sedangkan di Washington, kepemilikan ganja sampai dengan satu ons masih diijinkan hukum. Namun, penanaman ganja masih dilarang kecuali orang tersebut telah mendapatkan otorisasi medis. Legalisasi ganja di kedua negara bagian tersebut juga dinyatakan sebagain bagian dari strategi untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

Sedangkan bagi kalangan pengkritiknya, hal tersebut akan memunculkan banyaknya wisatawan yang melakukan perjalanan antar negara, hanya untuk menghisap ganja dengan bebas dan kemudian pulang kembali ke negara asalnya.

Seperti dilansir laman Times of India, berikut adalah daftar singkat dari negara-negara yang mengijinkan penjualan ganja dan batasan aturan pemakaiannya.


1. Argentina
Aturan hukum di negara ini melegalkan penggunaan ganja dalam jumlah kecil untuk pemakaian pribadi.

2. Ekuador
Berdasarkan definisi aturan hukum 108 yang ada di negara ini, kepemilikan ganja bukanlah suatu hal yang ilegal.

3. Siprus
Negara ini membolehkan kepemilikan ganja hingga 15 gram untuk penggunaan pribadi dan memberikan ijin untuk penanaman lima batang tanaman ganja.




4. Belanda
Kedai dan kafe yang ada di negara ini mendapat ijin untuk menjual ganja dengan bebas bagi kalangan wisatawan. Namun, menghisap ganja di tempat terbuka adalah hal yang terlarang.


5. Meksiko
Sejumlah pemerintah lokal di negara ini, mengijinkan penggunaan ganja untuk keperluan pribadi hingga batas lima gram per orang.



6. Swiss
Pada tanggal 1 Januari 2012, wilayah Vaud, Neuchatel, Jenewa dan Fribourg mengijinkan penanaman ganja sampai dengan 4 batang per orang, dalam upaya untuk mengekang perdagangan ganja ilegal.

7. Uruguay
Kepemilikan ganja untuk penggunaan pribadi tidak akan dikenakan sanksi. Namun, jumlah yang diperbolehkan untuk penggunaan pribadi sayangnya tidak ditentukan dalam undang-undang negara tersebut.

No comments:

Post a Comment