Wednesday, October 16, 2013

Cara Jitu Paling Mudah Untuk Berhenti Merokok

Penyakit Kanker, penyakit jantung dan pembuluh darah, serta ganguan pernafasan tak pernah lepas membayangi kehidupan para perokok, Studi para pakar kesehatan juga membuktikan bahwa rokok dapat memperpendek usia, dan harapan hidup seseorang. Meski sebagian besar sudah mengetahui bahaya merokok, tetapi mengapa masih saja sulit menghentikan aktifitas yang satu ini? mungkin cara ini dapat sedikit mempercepat Anda yang ingin berhenti merokok.

1. Cari Alasan Tepat Berhenti Merokok

Jika ingin berhenti merokok, Anda harus mengetahui alasannya. Pilih satu yang paling kuat untuk mengalahkan godaan merokok. Sebut saja ingin terlihat lebih muda, menghindarkan keluarga dari bahaya asap rokok, atau terhindar dari penyakit yang mematikan, untuk hal yang satu ini Anda lah yang lebih tahu alasannya.

2. Jangan Anggap Enteng

Berhenti merokok merupakan hal yang sulit dilakukan. Jangan pernah menyepelekannya. Terbukti 95 persen orang yang mencoba berhenti merokok, tanpa melakukan terapi atau pengobatan mengalami kegagalan dan malah kembali merokok, dan bahkan lebih parah dari sebelumnya, nikotinlah penyebabnya, Zat ini merupakan racun saraf yang sangat potensial, dan dapat menimbulkan ketergantungan.


3. Lakukan Terapi Nikotin

Berhenti merokok sama dengan menghentikan suplai nikotin ke otak. Tak heran jika hal tersebut bisa memicu rasa frustasi, gelisah, depresi atau marah. Terapi nikotin dapat membantu mengatasi keluhan-keluhan ini. Bila dilakukan secara intensif, permen karet nikotin dan lozenges diyakini bisa memperbesar peluang berhenti merokok. Akan tetapi, penggunaan produk seperti ini sambil merokok harus dihindari.

4. Cari Tahu Obat Resep

Jika memilih tidak menggunakan produk yang mengandung nikotin untuk terapi, tanyakan dokter Anda obat apa saja yang bisa dikonsumsi. Obat-obatan tertentu yang biasa digunakan mengurangi rasa lapar dengan mempengaruhi zat kimia dalam otak bisa menjadi pilihan. Dengan obat itu Anda bisa terpuaskan walau hanya menghisap sedikit rokok saja. Obat yang lain bisa digunakan untuk mengurangi dampak kecanduan nikotin. Intinya, jangan malas bertanya kepada dokter Anda tentang obat-obatan tersebut.

5. Minta Dukungan Orang Terdekat

Jangan malu mengatakan kepada keluarga, pasangan, teman atau rekan kerja bahwa Anda sedang berusaha berhenti merokok. Berbicara pada konselor atau menjadi anggota kelompok anti rokok bisa juga dijadikan pilihan. Dukungan yang besar dari orang-orang di sekitar Anda akan memperbesar peluang untuk segera menghentikan kebiasaan buruk ini.

6. Sikapi Stres Dengan Benar

Seperti halnya narkoba, nikotin menjadi pilihan agar seseorang bisa merasa lebih rileks. Setelah stop merokok, Anda harus menemukan cara lain mengatasi stress, misalnya mendengarkan musik favorit, berolah raga, dengan dipijat atau melakukan perjalanan yang menyenangkan. Usahakan menghindari stress pada pekan pertama Anda mulai berhenti merokok.

7. Jauhi Alkohol dan Pemicu Merokok Lainnya

Aktifitas tertentu dapat meningkatkan dorongan untuk merokok. Jika Anda terbiasa mengkonsumsi alkohol, cobalah menguranginya. Alkohol merupakan salah satu pemicu merokok yang paling umum. Jika terbiasa merokok setelah meminum kopi, tidak ada salahnya jika Anda beralih ke teh selama beberapa pekan. Bagi Anda yang suka sekali merokok setelah makan, pilihlah aktifitas lain seperti mengunyah permen karet atau menyikat gigi untuk menghindarinya.

8. Bersihkan Rumah

Setelah memutuskan berhenti merokok, jauhkan segala sesuatu yang mengingatkan Anda tentang rokok. Buang asbak, bungkus rokok, korek api dan bersihkan rumah. Cuci pakaian, gorden, karpet atau apapun yang terkena asap rokok. Pilih wangi-wangian yang Anda sukai untuk menghilangkan aroma rokok.

9. Lakukan Aktifitas Fisik

Aktifitas fisik dipercaya dapat membantu mengurangi kecanduan nikotin dan meredakan beberapa gejalanya. Saat hasrat merokok muncul, cobalah jogging mengelilingi tempat tinggal Anda. Bersepeda atau sekedar berjalan kaki bisa juga menjadi alternatif. Bagi Anda yang lebih suka berkebun, aktifitas yang satu ini bisa menjadi pilihan yang menarik. Selain menghibur, olah raga juga bermanfaat menghindari kenaikan berat badan saat stop merokok.

10. Pilih Asupan Yang Sesuai

Hindari diet jika Anda berusaha berhenti merokok. Pilih sayur mayur dan buah-buahan serta makanan rendah lemak untuk dikonsumsi selama masa terapi. Makanana-makanan ini disinyalir dapat membuat rokok terasa mengerikan.

11. Berani Berkata Tidak

Jika ada teman yang menawari rokok, jangan sungkan-sungkan untuk menolaknya. Nyatakankan penolakan Anda dengan tegas tetapi tetap sopan agar tidak menyinggung perasaan mereka.

12. Jangan Gampang Putus Asa

Jika usaha pertama Anda berhenti merokok gagal, coba ulangi lagi di lain kesempatan. Banyak perokok yang harus mencoba beberapa kali sebelum akhirnya berhasil. Cari tahu apa sajakah yang membuat Anda tidak berhasil, misalkan keadaan emosi atau fisik Anda. Segera setelah Anda tahu penyebabnya, tentukan kapan dimulainya kembali berhenti merokok. Semakin cepat berhenti merokok, semakin baik bagi kesehatan Anda.

13. Niat

Ini hal yang paling terpenting jika semua itu g ada niat yang kuat percuma gan , karena dengan niat kita menjadi lebih fokus dalam menghentikan merokok.

14. Jangan Pikiran Tentang Rokok

Karena dengan memikirkan rokok secara tidak langsung kita mesugesti diri sendiri bahwa tubuh kita butuh rokok sebenarnya tidak.

Semoga adanya tip ini bisa bermanfaat bagi para pecandu rokok, bagi yang ingin berhenti dalam ketergantungan Anda pada bahaya laten merokok.

2 comments: